Jumlah Pengunjung Saat Ini

Selasa, 12 Januari 2010

Bengkel Teater Akan Disulap Jadi Rendra Forest Land


text TEXT SIZE :
Share
Marieska Harya Virdhani - Okezone
(foto: Tomi Tresnady/okezone).

DEPOK - Budayawan WS Rendra semasa hidupnya pernah bercita-cita ingin menjadikan rumahnya sekaligus bengkel teater miliknya di Kelurahan Cipayung Jaya, Citayam, Depok menjadi kawasan hutan.

Hal itu lantaran bengkel teater seluas 4 hektar tersebut sangat berpotensi sebagai paru-paru kota, di mana 5 tahun mendatang akan tumbuh pepohonan besar yang sempat ditanam WS Rendra beberapa tahun silam.

Menteri Kehutanan MS Kaban menyambut baik cita-cita Rendra tersebut dan mengimbau kepada para polutor di sekitarnya, khususnya kota Depok, untuk membayar retribusi ke kawasan hutan Bengkel Teater Rendra.

"Lahan ini merupakan inisiatif pribadi Rendra, untuk mengembalikan fungsi lahan kepada konsep hutan dan alam. Kita akan jadikan kawasan ini menjadi Rendra Forest Land," tuturnya semalam dalam acara 40 hari mengenang WS Rendra di Bengkel Teater Rendra Cipayung Jaya, Citayam Depok.

Kaban menuturkan, air di kawasan tersebut juga sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, karena air di Bengkel Teater Rendra dapat langsung diminum tanpa dimasak. "Ini akan berjalan secara alamiah saja, ada banyak jenis tanaman juga, kita akan bikin blok-bloknya, nantinya 4 hektar ini akan memberikan amal serapan karbon dioksida," katanya.

Sementara itu, pengamat politik Eep Syaefullah yang juga turut hadir dalam acara tausiyah 40 hari mengenang WS Rendra, menuturkan, cita-cita WS Rendra untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai hutan sering diungkapkan semasa hidupnya. "Tiga kali pertemuan terakhir, Rendra banyak menghabiskan waktunya untuk bercerita tentang hutannya di Bengkel ini," ujar Eep.
(uky)