Jumlah Pengunjung Saat Ini

Sabtu, 30 Januari 2010

sempeneRIAUteater INDRAGIRI HULU [SI] 2

Profile


Nama Komunitas : sempeneRIAUteater INDRAGIRI HULU
List Nama Kenal : [SI]
Makna Nama :
- sempeneRIAUteater INDRAGIRI HULU yang terdiri dari tiga macam kata tautan sebagai mana adanya adalah berarti; (sempene: nama keris khas Indragiri yang menurut sejarahnya merupan keris melayu dengan pemiliknya yaitu Sultan Narasinga yang juga merupakan Raja Indragiri yang berasal dari Bandar Malaka. Keris sempene alkisah tidak boleh di gunakan untuk membunuh seseorang dengan apapun alasannya, namun gunakanlah keris ini untuk membela diri walaupun akhirnya harus terjadi pertumpahan darah yang mengakibatkan kehilangan nyawa. Kata RIAU: lebih kepada pemaknaan teritorial cakupan keanggotaan komunitas ini berkembang nantinya dimana mewadahi wilayah propinsi Riau. teater: simbolisasi bidang komunitas seni yaitu seni teater. INDRAGIRI HULU: identitas tempat kelompok ini berkembang yang menjadi sentral basecamp)
- Sempene Riau juga merupakan nama gedung kesenian yang berada di kota Rengat-INHU. Gedung yang mempunyai makna histories sebagai salah satu bangunan bersejarah yaitu eks bioskop kota Rengat ini menjadi markas (basecamp) utama dari seluruh pusat kegiatan yang dilakukan oleh kelompok ini

Tempat dan Tanggal Berdiri : Rengat, akhir November 2009

Alamat
Basecamp I : Gedung Kesenian Sempene Riau
Sekretariat Dewan Kesenian Indragiri Hulu (DKI)
Jl. Jendral Ahmad Yani – RENGAT
Indragiri Hulu, Riau, INDONESIA

Basecamp II : sempeneRIAUteater INDRAGIRI HULU
Jl. D.I Panjaitan. Gg. Cik Puan
Rt 06 Rw 02, No 99 Sekip Hilir
Indragiri Hulu, Riau. 29138

Telephone : [0769] 323405
Mobilephone : 081328448862, 08126805284
e-mail : nagasastranegararasa@yahoo.co.id
web.blog : www.miniriauteater.blogspot.com



Kinerja

Bidang Kerja :
dalam proses kerja kreatifnya sempeneRIAUteater mengembangkan 3 wadah kegiatan yaitu :
1. blog riset dan penulisan teater,
: pada bagian kegiatan ini, SI menjadi wadah berkumpulnya para creator muda yang tertarik pad bidang penelitian seni khususnya teater serta penulisan sastra. Dengan menjaring para creator muda setingkat remaja/dewasa kwalifikasi pendidikan menengah dan mahasiswa, mereka diajak bersama-sama untuk menghasilkan sebuah penelitian ilmiah serta menghasilkan karya-karya sastra yang nantinya di usahakan untuk di publikasikan atas nama kelompok SI.

2. blog laboratorium teater (artistik,aktor dan penyutradaraan),
: kegiatan ini bertumpu dengan maksud utama yaitu pengejaran prestasi dan regenerasi tim teater SI. Seumpamanya adalah wadah pelatihan atau bengkel kerja kreatif seni teater, laboratorium ini dikhususkan kepada para pelajar setingkat remaja saja. Kelas yang dibuka dan diadakan rutin setiap minggunya yaitu kelas dasar keaktoran untuk pelajar setingkat SLTP dan kelas penyutradaraan serta artistic setingkat SLTA. Sebagai reviue akhri setiap kelas akan diadakan kegiatan inagurasi yaitu pementasn dan wisuda kelas setiap 3 tahun sekali. Dan sebagaia pemacu kegiatan keberhasilan pembelajaran kelas juga diadakan pementasan gagas teater setiap waktu bila diperlukan yang juga di upayakan sebagai kegiatan promosi SI.

3. sempeneRIAUteater bersempena : pentas karya minimal setahun 2 kali.
Selain mengikuti beberapa agenda tetap festival teater ataupun parade teater dalam skala nasional dan internasional, SI secara independent akan melaksanakan pentas tunggal baik secara tetap di gedung pertunjukan kota kelahirannya ataupun dengan konsep pentas keliling bersambang membawa sebuah pertunjukan teater ke luar daerah.